close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Perbaiki file photo / gambar yang rusak

Hari ini hari senin tepat nya saya di rumah sepupu saya di palembang dan sedang melantur sana sini di area tempat tidur sampe saya bosen dan ingin menulis tutorial lagi.

Sebenar nya kasus ini saya temukan di tempat kerja saya dulu... dia minta "photo nya bisa kembali bener bisa di view dan di open or edite" tapi dalam studi kasus ini ada kejanggalan :

1. file photo tersebut tidak bisa direcovery.
2. karena kejelian saya mirip fujimaru (hahaha), saya melihat extention .jpg nya gak ada.

Bisa dilihat ya extention .jpg / .jpeg gak ada.

hal ini bisa disebabkan oleh virus yang mengubah extention sebuah file atau perputaran cyrcle hardisk saat stratup dan shutdown tidak stabil, dan tegangan listrik yang tidak stabil bisa membuat putaran cyrcle hardisk tidak normal dan membuat goresan kecil di piringan / cyrcle hardisk.

oke bagaimana cara melakukan perbaikan nya ?

1. kita coba tambah extention .jpg dibelakan file photo nya dengan me-rename file, klik kanan file tersebut dan klik rename.

BEFORE


AFTER

Terlihat jelas kan ini hanya masalah extention nya saja. Ok dua atau tiga photo bisa kita rename dan tambah extention nya tapi bagaimana kalau di satu folder itu "ada 2000 photo" ? jelas merepotkan 

ini yang membuat saya memutar otak untuk memutar situasi '(kayak fujimaru di film pasti ada ada aja ide nya)'

1. Pertama download format factory.

2. Install dan buka format factory nya dan lihat ke menu kiri, klik gambar dan klik semua ke jpeg.

                                     

3. kemudian tambahkan semua gambar yang ada di dalam folder, dan pilih extention nya all.






4. Dan klik tombol start yang mirip tombol play, hasil nya semua extention akan berubah menjadi .jpeg





Posting Komentar

0 Komentar