close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Manajemen Server Menggunakan VestaCP

Asalamualaikum semua, kabar baik hari ini saya di kantor baru dengan tantangan baru, kali ini dapat kerjaan kantor yang mengharuskan saya membangun server sederhana. Kepikiran rasanya karena pernah punya buku manajemen server menggunakan webmin akhir nya saya pun mencoba.

Namun di satu kejadian ada senior di tempat kerja habis ikut pendidikan dengan materi manajemen server menggunakan VestaCP yang setelah saya coba Cpanel server ini sangat ringkas ringan dan ber lisensi gratis, hal tersebut membuat saya beralih dari webmin ke VestaCP sebagai Web Cpanel untuk server yang akan saya buat.
Gambar Vesta Control Panel
Gambar di atas merupakan paket aplikasi server yang dimiliki oleh VestaCP
  • Untuk Web Server anda dapat menggunakan Nginx dan Apache 
  • Untuk DNS Server anda dapat menggunakan Bind
  • Terdapat paket Webmail Server dengan Interface RoundCube
  • Untuk Database Server menggunakan DBMS Mysql dengan interface PhpMyadmin
  • FTP Server untuk pertukaran file menggunakan Vsftpd
  • Terdapat Softacolus Plugin Sebgai installer instant untuk membuat CMS
  • Tidak lupa ada Firewall yang memanfaatkan fitur dari iptables
Dikutip dari website resminya https://vestacp.com/install/ VestaCP hanya membutuhkan rekomendasi software dan hardware minimum sebagai berikut :

Gambar diambil dari https://vestacp.com/install/


Oke jangan berlama lama lagi sekarang kita masuk di proses installasi :
1. Siapkan server dengan system operasi ubuntu 18.04 (seperti yang saya gunakan) 
2. Lakukan pengunduhan script easy install vesta cp dengan menggunakan perintah
curl -O http://vestacp.com/pub/vst-install.sh
atau
wget -c http://vestacp.com/pub/vst-install.sh

3. Jalankan script vst-install.sh dengan perintah
bash vst-install.sh

4. Setup admin Cpanel dengan perintah
admin passwd "Password baru"

4. Untuk masuk ke Cpanel VestaCP akses alamat ip disertai port 8083 contoh 
xxx.xxx.xxx.xxx:8083

5. Masukkan username admin dan password yang telah anda buat.

Posting Komentar

0 Komentar