close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Reset Bios Password Acer 4830

Kali ini saya dapet pasien yang bermasalah dengan password bios. Acer 4830! laptop temen juga siii... Oke saya akan persingkat basa basi nya dan langsung saja apa tahapan dan persiapan yang perlu dilakukan.

Sebelum melakukan reset bios, lakukan observasi terlebih dahulu dengan cara melihat reverensi yang pernah ada untuk melakukan reset bios. Biasanya anda akan menemukan kecocokan yang hampir sama untuk melakukan reset bios pada laptop satu vendor seperti cara melakukan reset bios pada acer 4736 akan sama dengan acer 4738 hanya akan berbeda dikit. Kebetulan saya punya referensi reset bios, ada yang menggunakan utility atau hard reset dengan cara melakukan jumpering pin :  

Bahan yang perlu dipersiapkan :
1. Solder
2. Timah
3. Obeng

Tahapan yang dilakukan :
1. Bongkar laptop dan pisahkan casing sehingga motherboard terpisah dan lihat bagian bawah motherboard.
Gambar bagian bawah motherboard

2. Cabut baterai Cmos dengan cara mengangkat timah pada dua kutub baterai menggunakan solder panas
Cabut baterai Cmos laptop

3. Cabut Ram laptop seperti gambar dibawah
Lepas ram dari slot nya

4. Cari didekat slot ram pin SRTCRST dan RTCRST. Pin tersebut merupakan jumper reset untuk RTC sistem penyimpanan tanggal dan pengaturan pada memori bios. Hubungkan kedua pin tersebut dengan timah solder.
Pin reset bios

5. Nyalakan laptop menggunakan adaptor, boleh dalam kondisi ram terpasang atau dilepas. Laptop akan restart terus menerus dikaarenakan terjadi short circuit. Setelah itu lepas jumper solderan timah pada pin SRTCRST atau RTCRST. Kemudian hidupkan kembali laptop dengan kondisi ram dan baterai Cmos terpasang, coba masuk bios dan hasilnya seperti berikut


Posting Komentar

0 Komentar