close

Ticker

6/recent/ticker-posts

komputer AMD sering restart



pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai komputer amd yang ribet banget keliatan nya aja gampang sama kayak install komputer biasa.... kronologis pengalaman saya gini

pertama saya nginep di tempat uak saya (kalo gak nginep gak ketemu dengan tu komputer rusak)
kedua kakak komplain rii... kok komputer nya sering restart sendiri ya saya jawab aja dengan simple...
kemungkinan restart sndiri

1. Tegangan / arus listrik tidak stabil, biasa kerusakan seperti ini terdapat pada Power suplay nya yang sudah tua (harus diganti).

2. Adanya penambahan hardware baru yang tidak kompetible
ram, vga, atau apalah di slot motherboard yang tidak sesuai dengan spesifikasi motherboard, misal ram nya suport pc5400 dipasang ram pc6400, atau motherboard hanya suport ram sampai 2GB setiap slot nya tapi malah di ganti dengan ram 4GB di tiap slot motherboard nya (ini gila namanya)

3. Hardware yang tidak terpasang dengan baik atau agak keluar dari slot yang ada di motherboard, entah itu ram, vga, sound card, coba periksa jangan sampai ada penghalang pada slot tersebut dan pastikan kaki kaki nya benar ketika dipasang.

4. Ada arus pendek atau konsleting, biasa disebabkan kawat atau unsur penghantar listrik yang menempel dibelakang motherboard atau dikaki resistor dan transistor motherboard wah yang ini bahaya kalo gak ketauan.

5. Rusaknya hardware ram, hardisk, vga, processor (tapi processor jarang).

6. Panas yang berlebih pada casing yang menyebabkan over head dan komputer mati. ini dikarenakan pasta thermalgrase processor nya habis atau kering coba bersihkan processornya dan beri lagi pasta nya, juga bersihkan fan fan yang ada di dalam casing juga periksa sirkulasi udara.

7. windows yang tidak genuine biasanya sering restart sendiri kalo gak kita crack atau gak diinstall ulang lagi.

8. Ada setingan bios untuk jenis hardisk Sata / Achi / Raid.. set menjadi Achi / Raid mode saja agar tidak restart dan tidak muncul blue screen lagi, ini dikarenakan SO atau windows tidak mempunyai driver untuk jenis port sata.

9. Virus yang menginfeksi komputer sudah lamaaa sekali..

simple ya.... juga ada penjelasan nya tapi kali ini lain problem nya dan saya sedikit bingung kok processor ada driver ya? saya menemukan driver processor power managemen Amd setelah saya searching menggunakan software Driver Genius. se tahu saya kalo sudah nginstall komputer pake OS apa aja (kecuali aple) driver processor langsung keinstall tapi, tidak untuk AMD. Nah bagi teman teman yang komputer AMD nya sering kayak restart dan segala prosedur pada pc udah benar semua coba aja nii driver nya.... download di sini
tapi install ulang aja dulu biar lebih plong...

kemudian untuk mencegah agar error tak kembali datang
1. klik start
2. klik kanan pada my computer pilih properties
3. klik tab advance dan klik settings di bagian startup and recovery, bisa lihat di gambar.


4. maka akan muncul jendela seperti gambar dibawah hilangkan cheklist pada automatically restart dan pilihan pada write debuging information pilih none.


semoga membantu

Posting Komentar

0 Komentar