close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pembahasan 7Segment Comon Catoda

MEMAHAMI CARA KERJA 7SEGMENT

Halo para pembaca, apakabar kalian ? mudah-mudahan kalian dalam keadaan baik ketika membaca tulisan saya dan saya harap anda akan tetap baik baik saja "setelah" membaca tulisan saya, AMIN.

Masuk ke materi, apa 7Segment ? "7Segment merupakan 7 Led yang tersusun membentuk angka 8" dalam penggunaannya, setiap led akan diberi kode yang mewakili pin dimana "led pada 7Segment" tersebut hidup bila sumber tegangan vcc terhubung ke catoda dan ground terhubung ke pin "led pada 7Segment".

Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah sambil baca penjelasan saya


Coba anda lihat gambar sebelah kanan, di sana ada huruf yang mewakili tiap titik LED yang berjumlah 7 dan ditambah 1 LED di "pojok kanan bawah" yaitu simbol titik / dot. Sehingga membutuhkan 8 ground untuk menghidupkan seluruh LED pada 7 Segment dan 1 vcc terhubung ke pin catoda.

Sekarang anda lihat gambar sebelah kiri, dan saya harap anda juga sudah memegang 1 7segment di tangan anda. Kemudian balik posisi 7segment di tangan anda sehingga terlihat beberapa pin seperti gambar sebelah kiri. Yang akan saya jelaskan adalah :

  • Pin A sampai G adalah 7 Led yang membentuk angka 8 pada 7Segment dan tiap pin terhubung ke Ground untuk menyalakannya.
  • Pin dot adalah 1 Led simbol titik pada 7Segment dan pin dot terhubung ke Ground juga untuk menyalakannya.
  • Pin Com adalah pin catoda sebagai sumber arus atau VCC, dalam pemasangannya bisa salah satu saja dipakai atau terhubung ke VCC.
Sekarang anda sudah dapat gambaran untuk menghidupkan LED pada 7Segment, tapi bagaimana caranya untuk menghidupkan 7Segment ketika anda ingin menampilkan satu angka misalnya angka 1 atau 9 ?
Akan saya beri contoh sekarang 
  • Untuk menampilkan angka 1 pada 7Segment


Pada Gambar diatas untuk menampilkan angka 1 pin b dan pin c akan menyala, dan untuk menyalakan pin b dan c catoda harus dihubungkan ke VCC kemudian pin b dan c dihubungkan ke ground

  • Untuk menampilkan angka 9 pada 7Segment

Pada Gambar di atas untuk menampilkan angka 9 pin a, b, c, d, g, f terhubung ke ground dan pin catoda terhubung ke VCC.



TEORI MENAMPILKAN ANGKA PADA 7SEGMENT MENGGUNAKAN MIKRO KONTROLLER

Bagaimana untuk menampilkan angka pada 7Segment menggunakan mikro kontroller ? Akan saya jawab teorinya sekarang. Tahapan untuk menampilkan angka pada 7segment menggunakan mikro kontroller jenis apapun sama saja dengan cara seperti berikut.

Pada rangkaian :
1. Dibutuhkan 8 pin keluaran atau output pada mikro kontroller yang terhubung ke pin a, b, c, d, e, f, g, dan dot, dalam penyusunan rangkaian usahakan pin pada mikro dan pin pada 7Segment tersusun secara ber urutan misal :
Pin 1 mikro = Pin a 7Segment
Pin 2 mikro = Pin b 7Segment
Pin 3 mikro = Pin c 7Segment
Pin 4 mikro = Pin d 7Segment
Pin 5 mikro = Pin e 7Segment
Pin 6 mikro = Pin f 7Segment
Pin 7 mikro = Pin g 7Segment
Pin 8 mikro = Pin dot 7Segment

2. Dibutuhkan 1 pin VCC dari mikro kontroller yang terhubung ke catoda atau pin com pada 7Segment

Pada program :
1. Anda definisikan pin Out atau keluaran pada mikro kontroller anda.

2. Beri logika low atau 0 pada pin out mikro kontroller untuk menghidupkan LED yang ada di 7Segment.

3. Beri logika high atau 1 pada pin out mikro kontroller untuk mematikan LED yang ada di 7Segment.

Sebagai contoh jika anda inging menghidupkan angka satu seperti gambar dibawah :


pin pada mikro kontroller  yang terhubung ke 7Segment :
a b c d e f  g  dot
1 0 0 1 1 1 1     0

Penjelasannya adalah pin a dan b diberi logika low atau 0 sebagai ground untuk menghidupkan dua LED sehingga menampilkan angka 1 pada 7Segment, setiap pin pada mikro kontroller mewakili pin yang ada pada 7Segment. Untuk perintah di program akan saya unmpamakan disini saya menggunakan mikro kontroller atmega8535 dengan pin out pinB penulisannya sebagai berikut

PORTB = 10011110 ;

Penulisan program juga bisa dalam bentuk biner atau hexa, Oke disini saya tidak akan main hitungan matematika nanti akan panjang ceritanya dan anda mengantuk baca tulisan saya. Kalo mau maen konversi bilangan pakai kalkulator atau converter software di hp android aja hahaha. misal saya sudah konversi bilangan biner tadi (saya gunakan tools tanpa pusing ngitung) hasilnya seperti dibawah.

Biner = 10011110
Hexa = 9E
Decimal = 158

Untuk penulisan program menggunakan bilangan Decimal :
PORTB = 158 ;

Untuk penulisan program menggunakan bilangan Hexa :
PORTB = &H9E           <----Pada bascom format penulisan bilangan hexa ditambah &H 
PORTB = 0X9E ;          <----Pada bahasa C di Code Vision di depan bilangan hexa ditambah 0X

Sampai disini saya harap anda telah memahami konsep penggunaan 7Segment udahan dulu ya.. Untuk tutorial selanjutnya saya akan bahas praktikum 7 Segment menggunakan mikro kontroller atmega8535.

Posting Komentar

0 Komentar