close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Permasalahan NO_PUBKEY Pada Repository Ubuntu

Asalamualaikum, dunia baru ku di tempat kerja yang baru. Sudah hampir 6 bulan saya bekerja di "Qual*t* Indonesia". Selepas saya berhenti di pertelevisian daerah, saya jarang kutak katik linux lagi, ini hal yang sangat menyedihkan dalam satu hari belum tentu saya pegang laptop apalagi menulis tutorial.

Okay kali ini saya dapat kesempatan kutak katik linux dan menulis kendala beserta solusi nya.

Hari ini saya mencoba melakukan update repo kali linux dengan alamat url repo lokal "KAMBING UI" tapi kendala yang saya temukan ada banyak tulisan error ketika perintah apt-get update usai dieksekusi.

Gambar Error No_PUBKEY ketika apt-get update telah dilakukan



Dari gambar diatas sebelumnya saya telah menambahkan repo lokal terlebih dahulu pada Linux saya berikut langkah penambahan repo lokal pada ubuntu :

1. Tambah alamat repo dengan command berikut pada terminal :
nano /etc/apt/sources.list

kemudian copy dan paste alamat berikut pada file apt.sources.list :

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-updates main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-security main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-backports main restricted universe multiverse

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ trusty-proposed main restricted universe multiverse

Hasilnya akan seperti gambar dibawah 

Isi file sources.list setelah di edit
Tekan ctrl+x dan ketik Y lalu Enter untuk menyimpan isi file yang telah di edit

2. Lakukan update dengan command berikut pada terminal :
apt-get update

Akan ada error seperti gambar dibawah

Gambar Error No_PUBKEY 
Dengan adanya Error pada keterangan di atas menyebabkan repository tidak dapat ditambahkan. untuk mengatasi masalah tersebut catat PUBKEY yang tertera pada keterangan Error tersebut, misal pada gambar itu PUBKEY nya adalah : 
40976EAF437D05B5 
3B4FE6ACC0B21F32

3. Lakukan penambahan PUBKEY supaya alamat repository menjadi legal sebagai sumber software pada linux anda, lakukan command berikut pada terminal :
gpg --keyserver pgpkeys.mit.edu --recv-key 40976EAF437D05B5
gpg -a --export 40976EAF437D05B5 | apt-key add -

gpg --keyserver pgpkeys.mit.edu --recv-key 3B4FE6ACC0B21F32
gpg -a --export 3B4FE6ACC0B21F32 | apt-key add -

Kurang lebih hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Hasil perintah gpp pertama
Hasil perintah gpp kedua
4. Untuk tahap selanjutnya, coba lakukan command berikut pada terminal :
apt-get update

Semoga hasilnya sesuai dengan harapan tanpa Error NO_PUBKEY

Posting Komentar

0 Komentar