close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sismin ATMEGA8535

Pagi ini saya post lagi, buat kalian mamang elektronika, kali ini saya akan membagikan jalur rangkaian sistem minimum untuk Mikrokontroller ATMEGA8535. Untuk mengingat pin apa saja yang diperlukan coba lihat gambar dibawah.


Pin yang paling penting sismin sebagai downloader terdapat pada :
Pin 6 MOSI
Pin 7 MISO
Pin 8 SCK
Pin 9 RESET

Pin untuk power external terdapat pada :
Pin 10 VCC
Pin 11 GND
Pin 30 AVCC
Pin 31 GND

Pin yang digunakan sebagai pengatur clock atau nilai Xtal yang dipakai terdapat pada :
Pin 12 Xtal 2
Pin 13 Xtal 1

Dan pin yang lain fungsi umumnya sebagai I/O bagi Mikrokontroller.

Alat dan bahan yang diperlukan :

Alat :
1. Solder dan timah secuil.
2. Bor khusus untuk PCB.
3. Cairan pengikis tembaga entah apa itu namanya tapi saya disini pakai "feriklorida".
4. Jangan lupa ember karna gak mungkin ngelaruti feriklorid di mulut ente.
5. Air sehematnya karna air bersih susah didapat di manado jadi harus bersyukur.
6. Tang potong.

Bahan :
1.Papan PCB.dikira-kira
2.Resistor 1k ohm 1
3.Capasitor 100nf 1
4.Switch button 1
5.Xtal 12Mhz 1
6.Capasitor 22pf 2
7.Header female dikira-kira juga.
8.udah itu aja.

Hasil jadi nya kayak gambar dibawah

Tampak Depan


Tampak Belakang

Jalur yang saya buat menggunakan software Diptrace, karena saya bodoh cuma satu software itu aja yang saya pahami. Oke yang mau bisa download disini.

Sekian semoga membantu.

Posting Komentar

0 Komentar