close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Seleksi Data Yang Berbeda Pada MySql / Distinct Data Selection In MySql

Bingung mau kasih judul apa, sebenernya niatan awal buat tulisan ini untuk orang yang sangat tidak mengerti awal nya judul tulisan ini Seleksi Data Di Luar Nilai Yang Telah Ditentukan. Tapi kata bini judul tulisan ini muter muter dia tak paham lah apa yang aku cakap, jadi tak singkat Seleksi Data Yang Berbeda Pada Mysql

Pada intinya, saya akan melakukan seleksi data pada Mysql dengan melakukan eliminasi pada data tertentu sehingga data selain nilai yang saya tentukan muncul dan sebaliknya data yang nilai nya saya tentukan tidak mucul. PAHAM ?!

Kasus yang saya alami saat ini, saya akan melakukan seleksi data  tertentu di tabel utama, saat tabel tersebut memiliki data yang sama dengan tabel referensi maka data yang sama tidak muncul dan data yang berbeda dengan tabel referensi akan muncul. Intinya aku tak mau liat data yang aku pilih. Paham ya?

Perkenalkan tabel utama saya ada di tabel produk dengan spesifikasi & isi sebagai berikut :

Spesifikasi tabel produk

Isi tabel produk

Perkenalkan tabel referensi dari kasus saya adalah tabel 2_sortir_penjualan dengan spesifikasi dan isi :
Spesifikasi tabel 2_sortir_penjualan

Isi tabel 2_sortir_penjualan

Cukup perkenalan tabel nya sekarang saya akan tunjukkan cara melakukan seleksinya, dengan niat saya akan menampilkan data pada tabel produk dan akan mengeliminasi data yang sama dengan tabel referensi berdasarkan kolom Kd_Produk.

Jadi gini 
tabel produk                       punya field Kd_Produk 
tabel 2_sortir_penjualan    punya field Kd_Produk

Field Kd_Produk adalah penghubung antara 2 tabel 
Ketika tabel produk memiliki data yang sama dengan tabel 2_sortir_penjualan pada field Kd_Produk maka data tersebut tidak akan ditampilkan dari tabel produk.
malah sebaliknya data yang tidak ada pada tabel 2_sortir_penjualan di field Kd_Produk akan ditampilkan.

untuk query nya adalah sebagai berikut :

SELECT distinct
produk.No, 2_sortir_penjualan.Id_User, produk.Kd_Produk, produk.Nama_Produk
FROM
2_sortir_penjualan ,
produk
WHERE
produk.Kd_Produk NOT IN  
(SELECT 2_sortir_penjualan.Kd_Produk FROM 2_sortir_penjualan)

Ada query yang tidak biasanya kita tulis seperti Distinct dan Not In
Pada perintah Distinct akan melakukan seleksi berbeda
Pada perintah Not In akan memilih list data yang tidak akan ditampilkan biasa nya list data dalam bentuk array seperti (Merah, Biru, Hijau) atau (1,2,3) dan seterusnya makan data yang di list oleh query Not In akan disembunyikan / tidak ditampilkan.

Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut :

Hasil Seleksi


Posting Komentar

0 Komentar