close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Gagal Input Null Value Pada Tabel DBMS MariaDb

Saya sempat bingung dengan problem web server yang saya buat dengan menggunakan OS Raspbian yang menjalankan service Apache, Php & MariaDb.

Sebelumnya di Xampp Server saya menjalankan script Html textbox dengan biasa seperti ini

<input type="Text" name="anu" id="anu" >

Dengan Struktur DB default di salah satu field. 

Ketika webserver jalan dan saya coba insert data dari web yang sudah saya buat tanpa mengisi textbox nya ehhhhhhhh Error bos dengan pesan error :

Incorrect integer value: '' for column


Ternyata problem ini terjadi apabila adanya kondisi :

1. Field yang ingin kita beri default value memiliki tipe data integer

2. Strict Mode Aktif.

Solusi :

1. Untuk solusi kondisi pertama, kalian bisa ganti tipe data field tersebut dari integer menjadi string.

2. Solusi untuk kondisi kedua anda perlu disable Strict Mode dengan cara :

  • Masuk ke config MySql atau MariaDb terminal dan jalankan perintah : 
    • mysql -u root -p
  • Ketik perintah seperti ini :
    • SET GLOBAL sql_mode = 'NO_ENGINE_SUBSTITUTION';
  • Check global mode yang sudah diubah dengna perintah :
    • SELECT @@GLOBAL.sql_mode;


Ada tambahan sedikit anda harus melakukan perubahan pada Variabel sql_mode yang ada di php my admin dengan menghapus value nya seperti pada gambar

Before


After

Posting Komentar

0 Komentar