close

Ticker

6/recent/ticker-posts

ATMEL AVR Programer Menggunakan Parallel Port

Ini adalah tulisan yang saya sesali. Saya sesali kenapa baru sekarang menulisnya, kenapa sewaktu saya masih sangat mahir tidak saya tuangkan saja ilmu ini adduuuh.... namanya orang nyesel juga gitu.

Oke deh kali ini saya akan membahas contoh programer ATMEL AVR yang sangat jadul mungkin dimana zaman Microsoft Windows 98 masih digunakan oleh mahasiswa fasilkom menyelesaikan project menggunakan microcontroller ATMEL AVR.

Bahan yang diperlukan untuk membuat downloader ini adalah :
1. Socket Male DB25 / Parallel Port
2. Resistor 330ohm berjumlah 4 (bisa diganti dengan resistor lain 220 atau 100ohm)
3. Header secukupnya
4. PCB dot matrix atau PCB Fiber (Jika ingin buat jalurnya)

Yang kalian perlu pelajari schematic rangkaian dibawah 

Gambar Schematic Downloader
Dari rangkaian schematic di atas anda bisa gabungkan langsung ke microcontroller ATMEGA yang anda punya sesuai dengan data sheet letak posisi pin-pin utama microcontroller mosi, miso, sck, reset, gnd.yang ada di microcontroller.

Misal saya punya microcontroller ATMEGA8 seperti gambar dibawah
Gambar Data Sheet ATMEGA8
Gambar diatas merupakan pin-pin utama dari ATMEGA8 yang akan dihubungkan ke downloader dan pin Ground ada dua pada ATMEGA8 anda dapat menggunakan salah satu pin tersebut.

Untuk melakukan pengisian program menggunakan parallel port menggunakan program PonyProg dapat anda baca di link berikut :

Dalam artikel saya "Rangkaian USBAP" anda dapat sekalian mempelajari cara membuat rangkaian usbap dan memprogram atmega8 sebagai otak downloader usbap menggunakan downloader parallel port.
 
Sekian Terimakasih

Posting Komentar

0 Komentar