close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sharing Koneksi Internet dari wireless ke lan dengan Ubuntu

Halo kawan, dan halo pengunjung yang nyasar nya ke blog saya. Cerita nya malem ini saya pakai koneksi dari wireless "sapidol" yang ada pada laptop saya, dan akan diteruskan (forward) ke komputer saya via LAN, kalo pake windows sharing koneksi internetnya gampang amat tinggal klik klik klik tapi malem ini saya akan coba dengan ubuntu. Topologi nya seperti dibawah ini :

  192.168.73.1        192.168.73.8__192.168.2.1       192.168.2.2              

|Router wireles| ---------> |Laptop saya| ------------> |Komputer saya|


1. sambungkan dulu si Laptop dengan koneksi wirelles seperti gambar dibawah


2. Sambungkan kabel lan (mau cros stright gak masalah jangan niru teori) pada komputer dan laptop

3. melakukan konfigurasi lan card (eth0) pada laptop, buka terminal dan ketik
# ifconfig eth0 192.168.2.1/24
# echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward 
# iptables -A FORWARD -i eth0 -o wlan0 -j ACCEPT
# iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlan0 -j MASQUERADE

jika perintah  iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlan0 -j MASQUERADE tidak bisa beri perintah ip tables berikut

iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.2.0/24 -j MASQUERADE

atau

iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE 

yang berarti Postrouting akan melakukan forward pada alamat tujuan ip local


3. Konfigurasi ip pada komputer anda sebagai client entah apapun itu os nya mau Xp, Ubuntu, mandriva kek terserah pokok nya ikuti aturan dibawah :

Ip                    : 192.168.2.2 (sampai 253)
subnet mask   : 255.255.255.0
gateway          : 192.1688.2.1
Dns                 : 8.8.8.8

kebetulan saya pake windows xp sebagai client (pasti pembaca bisa konfigurasi ip nya) kalau sudah coba anda ping dns google nya dari cmd ketik :
ping 8.8.8.8

dan ada dua kemungkinan. Bila konfigurasi jaringan berjalan dengan benar akan ada tulisan Reply bla bla bla, dan bila belum benar maka akan ada tulisan "Request Time Out".

ya penulis lebih hapal dengan tulisan "request time out". lha iya lah sebelum komputer nya belom kecolok kabel coba aja ping ke komputer sebelah pasti gitu tulisan nya. "Request time out adalah awal dari pembuatan jaringan".

Posting Komentar

0 Komentar