close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengatasi Masalah Port Forwarding Pada Modem ADSL Speedy

Kembali lagi saya menulis catatan kecil yang sekiranya sering disepelekan ketika melakaukan konfigurasi pada modem atau router ADSL profider yang sering digunakan pada negeri ini.

Awal mula masalah bermula dari keluhan pimpinan salah satu grup pada perusahaan tempat saya bekerja. Dikarenakan modem ADSL direset oleh orang ISP dan terjadilah perubahan yang mengakibatkan DVR Cctv tidak dapat diakses dari luar kantor.

Dan ketika saya sudah melakukan forwarding port untuk ip DVR dengan port 1000 pada modem, terjadi kendala yang tidak diduga Cctv tetap tidak dapat diakses dari luar kantor ketika saya gunakan paket data dari handphone saya pun, Cctv tetap tidak dapat diakses.

Hal ini terjadi karena:
1. Ketika modem atau router di reset ke pengaturan pabrik, konfigurasi port forwarding hilang.
2. Firewall dari router atau modem ADSL Speedy menyala sehingga ip publik tidak dapat diakses dari luar jaringan lokal.

Berikut cara melakukan port forwarding :
1. Cek PVC mana yang digunakan dan terhubung ke internet. Dalam kasus ini saya menggunakan PVC1, lihat status yang ada di modem anda.



2. Akses ip modem ADSL misal saya akses ip 192.168.1.1 dengan username dan password yang anda ketahui, apabila belum diganti anda dapat login menggunakan username dan password default (username admin dan password admin ).
3. Masuk ke menu Advanced Setup, Pilih menu Nat, Virtual Circuit pilih PVC yang digunakan misal PVC1, Pilih Virtual Server.


4. Lakukan Pengaturan seperti gambar dibawah, masukkan ip, port, dan nama service yang akan diforward.

  

Sampai sini, konfigurasi forwarding telah dilakukan tetapi forwarding belum dikatakan berhasil bila ip publik tidak dapat dipanggil dari luar jaringan lokal. Untuk memanggil ip publik dan port dari luar jaringan lokal, konfigurasikan firewall seperti berikut.

1. Masuk ke menu Advanced Setup dan pilih Firewall.
2. Disable SPI dan konfigurasi Firewall jadikan Low.

  

Konfigurasi firewall yang dilakukan seperti diatas pada modem, berfungsi untuk mengizinkan akses dari luar jaringan, supaya dapat mengakses ip publik dan service forwarding tanpa filtering.

Untuk mengujinya panggil ip publik modem dengan menggunakan jaringan paket data handphone atau jaringan diluar kantor seperti memakai internet rumah atau di warnet gitu... Misal saya melakukan forwarding pada ip DVR Cctv dengan ip 192.168.1.10 dan port 1000. Maka saya akan memanggil DVR Cctv dari luar kantor dengan ip publik dan port yang diforward misal 121.100.32.41:1000 pada web browser.

Oke sekian masalah yang telah saya curahkan, semoga masalah yang sama dapat dijawab dengan tulisan ini.


Posting Komentar

0 Komentar