close

Ticker

6/recent/ticker-posts

L2TP VPN (Virtual Private Network) Menggunakan Router Mikrotik

Selamat sore pembaca, kali ini saya mencoba membuat tutorial tentang virtual private network atau vpn menggunakan router mikrotik. Seperti biasa tulisan yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya anggap saja curcolan blogger yang bergulut di bidang ITE. 

Ceritanya begini, ditempat kerja saya di salah satu televisi lokal yang berada di Kota Lubuklinggau, memiliki dua kantor yang lokasinya berbeda dan memiliki jarak yang cukup jauh. Permasalahan yang dialami untuk melakukan transfer data sangat sulit dilakukan karena penyedia atau provider internet ke arah studio dua di daerah petanang belum ada dan harus mengantar data dengan cara disimpan dihardisk external kemudian dibawa menggunakan kendaraan bermotor ketika hujan ya kita pake mobil kalo gak hujan kita ngebut pake motor, resiko sudah pasti ada entah pecah ban kek, entah kendaraan ngadet atau amit amit kecelakaan. Secara kondisi jalan di sana lumayan gelap ketika malam hari dan yang parah nya data diantar ketika selesai adzan magrib. Bayangin coba udah solat saya keteteran nganter data gelap gelapan nguji adrenalin entah hujan di tengah jalan addduuh... lengkap sudah penderitaan kalo emak saya tau udah habis kena ceramah.

Konfigurasi VPN Server

  • Sebagai VPN Server saya menggunakan Mikrotik, login ke winbox dan klik PPP, pilih L2TP server, klik check list enable dan klik ok.
Enable Service L2TP Server Pada Mikrotik

  • Masuk ke tab secrets dan klik logo tambah atau plus di sebelah kiri, untuk menambah user yang dapat terkoneksi ke jaringan VPN yang dibuat. Ikuti petujuk pada gambar di point ke 3. Perlu diketahui pada point nomor 3terdapat Local Address yang merupakan alamat ip local router dan Remote Address merupakan alamat ip yang akan dimiliki oleh Vpn Client.
Tahapan mengisi user untuk client VPN


Konfigurasi VPN Client
  • Pada client akan digunakan windows 10 karena kebetulan saya menggunakan sistem operasi windows 10. Klik logo wifi yang ada di pojok kanan bawah pilih Network & Internet Settings.
Tahapan Menuju Network & Internet Settings
  • Pada Network & Sharing Settings pilih VPN, kemudian klik logo add atau tambah.
Tahapan Menambah Koneksi VPN Client

  • Kemudiian isi semua parameter seperti gambar di bawah, Untuk Server name or address sudah jelas ya kalian bisa isi dengan nama domain atau ip dari vpn server kalian
Form Parameter Koneksi VPN Client
  • Akan ada satu profile koneksi Vpn Client dengan nama Client, untuk melakukan koneksi klik connect.
Menyambungkan Koneksi VPN Client
  • Koneksi VPN Client telah tersambung ke server seperti gambar di bawah
Indikasi VPN Client terkoneksi dengan baik

Untuk membuktikan koneksi sudah terjadi anda bisa check dengan tool ipconfig pada windows apakah sudah mendapatkan ip dari VPN server mikrotik, dan check public ip address anda apakah sudah sama dengan ip VPN server.



Posting Komentar

0 Komentar