close

Ticker

6/recent/ticker-posts

Port Forwarding Mikrotik

Saya akan menjelaskan sedikit teknik penerusan paket data pada jaringan berdasarkan penomoran port dan ip tujuan. Oke sekarang saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa port forwarding ? apa fungsi port forwarding ?

  • Penjelasan Port Forwarding
    Secara tidak ilmiah dan agak ngawur maaf kalau salah penjelasannya, port forwarding biasa digunakan untuk meneruskan paket data berdasarkan penggunaan aplikasi atau service yang berjalan pada jaringan komputer dengan memanfaatkan router sebagai penjembatan komputer diluar jaringan lokal ke komputer yang berada didalam jaringan lokal router sebagai destinasi penerusan paket data yang dikirim dengan menggunakan ip dan nomor port sebagai inisialisasi service dari paket data yang diterima dan komputer yang dituju.
  • Fungsi Port Forwarding
    Port forwarding berfungsi untuk meneruskan request dari komputer diluar jaringan lokal ke ip publik pada router untuk diteruskan ke komputer yang terdapat pada jaringan lokal pada router. 

Pada praktiknya saya akan membagi dua sesi yang pertama sesi penambahan service forwarding dan penambahan sesi forwarding source address

  • Penambahan Service Forwarding
    Digunakan untuk meneruskan service yang direquest oleh komputer diluar jaringan lokal ke ip publik router untuk diterima oleh komputer yang beradap pada jaringan lokal berdasrkan service yang direquest. Perlu diingat service yang akan saya teruskan kali ini adalah service web server dengan port  80 dan alamat ip local web server adalah 192.168.1.11.
  1. Pada winbox pilih Ip --> Forward.

  2. Kemudian akan muncul jendela firewall pilih tab Nat --> pada menu General isi
    Chain = dstnat
    Dst address = isi dengan ip publik
    Protocol = tcp
    Dst.Port = 80

  3. Masih pada jendela yang sama pilih tab Action.
    Chain = dstnat
    To.Address = 192.168.1.11
    To.Ports = 80

  • Forwarding Source Address
    Ketika service forwarding telah dilakukan, perlu ditambahkan pengaturan forwarding source address. Hal ini bertujuan agar service dari port dan ip yang telah diforward oleh router dapat diakses melalui komputer yang berada dijaringan lokal mengunakan ip publik pada router.
  1. Tambahkan rule baru pada jendela firewall --> Nat
    Chain = srcnat
    Src.Address = 192.168.1.0/24

  2. Pada tab Action
    Action = masquerade



Catatan : Port forwarding dapat digunakan untuk meneruskan service lain seperti VOIP, Ftp, VNC. 

Posting Komentar

0 Komentar